“Brand Ambassador Volcom Indonesia, Salvita de Corte, belum lama ini melakukan perjalanan pribadinya ke India. Percampuran darah turunan India – Indonesia & German mungkin menjadi alasannya untuk berangkat ke negeri yang penuh pluralisme budaya ini. Melalui sepenggal jurnal perjalanannya dan juga foto serta sketsa hasil buah tangannya, Salvita ingin berbagi pengalamannya.”

Kami tiba di Delhi pukul 2 pagi. Disambut di pintu gerbang oleh seorang pria India tua, yang terlihat seperti tidak tidur seharian, rambut berantakan, kantung mata dan pakaian yang kotor. Dia adalah supir kami. Kami dituntun ke mobil atau di India disebut dengan Bemo, dengan tangki bensin yang tergeletak dikursi paling belakang. Mereka memang tidak bohong saat mereka bilang bahwa orang India adalah pengemudi yang gila. Ngebut sepanjang malam (Aku bahkan tidak yakin apakah dia benar benar terjaga-aku ragu),aku pikir, sementara itu adalah awal dari perjalananku mungkin menjadi akhir dari hidupku. Selamat datang di India, itu bisa menjadi lebih baik.

Kami menghabiskan waktu sekitar 4 hari di Delhi, di sebuah motel kecil di gang pasar Paharganj. Itu adalah pasar yang sangat sibuk yang penuh dengan vendor, pembeli, wisatawan, backpackers, pengemis, tunawisma, becak, mobil, motor, sepeda, restaurant, toko toko yang hampir menjual segalanya. Sebuah kekacauan yang indah. Berkeliling kota dengan auto-becak. Itu adalah cara tercepat dan termurah (mungkin tidak teraman) untuk berkeliling. Aku memilih tempat favoritku chai di hari pertama, dan pergi kesana setiap hari, terletak tepat di jalan jalan-tempat yang sempurna untuk orang-orang menonton. Beberapa musik India dan konstan, membunyikan klakson dari sepeda dan auto-becak sebagai latar belakang musiknya. Aku tidak berpikir aku pernah mendengar bahwa banyak “honks” dalam minuet diberbagai tempat di dunia. Untuk orang-orang India, aku hanya salah satu dari mereka. Kebanyakan mereka mendatangiku berbicara Hindi beranggapan bahwa aku akan mengerti. Tentu saja aku tidak mengerti satu kata pun. Aku berjanji pada diriku lain kali aku datang ke India aku akan bisa berbahasa Hindi.

Dari Delhi kami melakukan perjalanan ke Jaipur-Rajasthan, kota merah jambu. Terkenal dengan istana, benteng, perhiasan, dan tanjung merah jambu dari kota. Kami hanya tinggal 2 malam – perjalanan kami sudah dikemas dengan “wisata istana”. Amber fort menjadi salah satu atraksi utama wisatawan. Observatorium Jantar Manthar- salah satu situs warisan dunia yang pasti dikunjungi.  Terisi dengan peralatan astrologi yang besar, itu membuat aku takjub bagaimana orang pada saat itu (periode Mughla) membangun ini, pengetahuan yang luar biasa dan menghabiskan waktu. Aku ditawari mendapatkan seorang pemandu tur atau “tour-tape” (apapun yang mereka sebut, itu adalah sebuah tape recorder yang kau sewa dipintu masuk-itu seperti pemandu tur elektronik). Aku memutuskan untuk tidak mendapatkan seorang pemandu atau tape, hanya mengandalkan pengetahuanku mengenai astrologi, bukan keputusan yang baik! Karena aku menyadari bahwa aku tidak tahu apapun tentang astrologi dan oleh karena itu tidak bisa memahami apa kegunaan dari alat-alat tersebut, namu demikian beruntung bagiku disana ada grup wisatawan dengan pemandu tur yang berbicara dengan bahasa inggris, aku mengintai disekitar mereka.

Pushkar. Tujuan kami selanjutnya. Kota suci. Sebuah kota kecil mengelilingi danau suci. Akhirnya itu terasa seperti aku sedang berlibur. Pemandangan dari hotel kami terlihat seperti  ditiup oleh para dewa. Pagi hari dan malam ada nyanyian mantra dari para orang suci. Terkadang dibawah motel, ditepi danau mereka akan berlatih tabla, tergantung siapa yang sedang memainkannya  tapi biasanya itu adalah suara yang sangat bagus. Pushkar juga merupakan kota pertama (dan untungnya yang terakhir) di India dimana aku menangkap versi India dari “bali-belly”, aku tidak tahu apakah mereka menyebutnya “Indian-belly”? aku pernah mendengar cerita seram dari orang-orang, banyak dari mereka yang memperingatiku tentang ini tapi itu sesungguhnya tidaklah terlalu buruk, 2 hari beristirahat, beberapa batubara dan banyak cairan dan aku kembali pada kakiku. Aku datang dengan persiapan.

Aku yakin untuk mengendarai unta, tidak ada cara untuk menghindar, aku harus melakukannya. Nama untaku adalah Raju (seperti nama pemilik motel yang aku tempati dan nama orang favoritku yang aku tonton di cafe di Pushkar dan nama dari kebanyakan orang India). Satu jam pertama menaiki unta tidak menyenangkan atau seperti “safari”.  Bagaimana bisa menjadi seperti yang diharapkan, pelan, panas, dan tidak nyaman. Rupanya aku duduk bengkok diatas unta, aku bahkan tidak menyadarinya sampai ibuku menunjukkan dan bertanya apakah aku terjatuh, aku kira aku terjatuh, tapi “pria untaku” mengatakan padaku untuk tidak khawatir tentang hal itu. Setelah satu jam pertama, meskipun perutku teraduk dan pantatku mati rasa, aku mulai menikmati perjalanan. Matahari terbenam dipadang pasir, itu adalah salah satu matahari terbenam yang paling indah yang pernah aku lihat. Kami jatuh cinta dengan unta pada hari itu. Pria unta ku adalah pria baik yang lucu (meskipun aku tidak selalu mengerti apa yang dia katakan) dia juga adalah orang pertama yang mengenalkan aku pada bedees (bidis? :/), mereka bilang itu adalah versi India dari malboro merah, aku berkata itu adalah versi India dari gudang garam. Itu adalah rokok yang terbuat dari gulungan bubuk tabac, bukan kertas mereka membungkusnya dengan daun tembakau. Kuat!

Dari Pushkar kami membuat perjalanan kembali ke Delhi dengan kereta api, melalui Ajmer, untuk naik ke kereta api yang akan membawa kita ke selatan Chennai. Kereta ini diperkirakan membawa kita selama 28 jam, waktu yang cukup lama mengingat itu adalah jarak menaiki kereta api telama kedua dalam hidupku. Tentu saja jam karet juga berlaku di India, kereta api tertunda selama 3 jam. 3 jam mungkin tidak terlihat seperti waktu yang panjang, tidak lama bagaimanapun jika kamu duduk dengan nyaman dan jika suhu tertahankan. Aku tidak mempersiapkan untuk musim dingin, aku pikir India akan hangat sepanjang tahun, dan jika dingin, mungkin akan tertahankan, setelah itu aku mengalami musim dingin Jerman, akankah hal itu begitu buruk?! Lagi-lagi aku salah, Hal itu benar-benar dingin membekukan. Terjebak di platform stasiun kereta, tidak ada tempat untuk duduk membuat pantatku dingin bersama dengan ratusan atau lebih orang putus asa sepertiku, sedang menunggu kereta api. Berdiri disana, aku melihat anak anak kecil tapi telanjang, nenek nenek hanya dengan selimut tipis untuk membungkus diri mereka, itu seperti panggilan untuk berhenti mengeluh, bersyukurlah dan terima semua itu, aku sudah mendapatkan yang baik dibandingkan mereka dan mereka tetap tersenyum dan berjalan.

Kereta datang setelah 3 jam, cerita yang panjang, perjalanan yang pendek berakhir menjadi 38 jam dan itu adalah bagaimana aku menghabiskan natal, di kabin kereta. Bagaimanapun aku tidak seperti kebanyakan orang-orang yang merayakan natal. Begitu banyak kereta ekspres. Aku berada di dalam kabin dengan wanita yang baru menikah yang belum pernah melihat suaminya sampai malam pernikahan mereka, wanita yang cantik (mungkin seusia saya). Dia menunjukan koleksi safirnya, foto pernikahannya dan menjelaskan kepadaku perbedaan makanan India Selatan (yang disajikan didalam kereta) dan makanan India Utara. Perjalanan dengan kereta api cukup mendidik dan memungkinkan ku untuk melihat pemandangan Utara-Selatan India, itu terdiri dari (dimulai dari stasiun) pembuangan sampah utama dekat stasiun dengan sapi sapi merumput disana dan penduduk tinggal disana, lalu rumah rumah kumuh, kota, pabrik dan kemudian ladang terbuka yang luas, terkadang terdapat kota kecil didalamnya.

Kami tiba di Chennai (Tamil Nadu) dan membuat perjalanan langsung ke Pudicherry (Pondicherry). Perkampungan Perancis. Itu cukup aneh untuk melihat arsitektur Eropa (Perancis), sebuah kota yang cukup terorganisir dibandingkan dengan kota lain yang aku kunjungi di India. Pondicherry dibagi (seperti kebanyakan kota lainnya) kedalam kota hitam dan kota putih. Kota hitam menjadi pusat pasar, pusat orang-orang India dikota ini. Kota putih, orang Perancis tinggal dengan semua bangunan colonial. Penduduk, bahkan orang India, kedengarannya bisa berbicara bahasa perancis diseluruh Puducherry. Aku menghabiskan tahun baru di resort ramah lingkungan milik teman terletak sedikit keluar dari Puducherry. Tidak ada yang liar, tapi pasti menginspirasi.  Wawasan yang berpendidikan terhadap pengunaan ulang, proyek daur ulang dan proyek-proyek sederhana yang telah mengubah masyarakat. Beberapa dari buah pemikiranku, film/dokumentasi dari  skate NGO di Afganistan,Skateistan. Proyek botol bola surya, solusi sederhana untuk rumah miskin sempit dengan atap logam dimana tidak ada cahaya dapat melewati sepanjang hari. Pada dasarnya sebuah botol diisi dengan air dan pemutih yang dimasukkan kedalam atap, murah dan tahan lama. Bagaimanapun, banyak dari mereka, ide-ide inspiratif, pikiran, tindakan, botol anggur, makanan yang baik dan sesi tarian ABBA. Sekali lagi tidak ada yang begitu liar tapi tidak akan mengubah apapun.

Melakukan perjalanan kembali ke Delhi Utara, membawa kami 30 jam saat ini, aku tahan kereta api secara resmi. Kami tinggal 2 hari sebelum kembali berangkat, akhirnya, melihat Taj Mahal di Agra. Kami berada pada situasi untuk tidak pergi karna kami harus terbang kembali dari Delhi pada malam yang sama, tapi aku sangat senang bahwa kami memutuskan untuk pergi. Mungkin terdengar berlebihan, tapi bagaimanapun itu adalah “jaw dropping” indah paling ajaib di dunia yang pernah aku lihat. Butuh waktu 22 tahun untuk membangun Tajmahal, batu-batu (terbuat: batu marmer) jauh jauh dibawa dari Rajastan (Aku rasa itu adalah Jaipur, jika aku tidak salah) dibawa oleh gajah! Pengabdian, waktu, tenaga, tenaga kerja, kekayaan, dan cinta diperlukan untuk membangun tempat ini. Raja membangun Taj Mahal sebagai permohonan dari putri yang hampir meninggal. Putri kemudian dikuburkan disana, raja mengikuti, berbaring disebelahnya. Seluruh Taj Mahal adalah bangunan yang simetris kecuali dua kuburan, sepertinya itu direncanakan untuk mengubur raja disana.  DIseberang Taj Mahal, raja memulai proyek selanjutnya, yang mana bisa menjadi keajaiban dunia lainnya, versi hitam dari Taj Mahal.  Sayangnya, ditengah proses, putra raja mengurungnya jauh didalam penjara. Dalam opininya raja terlalu banyak menghabiskan uang (kekayaan), membangun versi lain dari Taj Mahal, jadi dia mengurungnya jauh. Proyek tidak pernah selesai.

Malam itu kami berangkat kembali ke Delhi dan menaiki penerbangan kembali kerumah. Aku sudah merindukannya.